Ujian Nasional 2013 yang "istimewa". 20 Paket, Barcode, dan Jadwal

3/29/2013 03:00:00 pm

akhir semester. jutaan anak bersiap menghadapi Ujian Nasional. itu adalah hajatan akbar bagi para pejabat pendidikan dan PERANG AKHIR bagi para pelajar terutama pelajar SMA/SMK. seperti, tahun tahun sebelumnya. di setiap akhir semester selalu dilaksanakan PERANG AKHIR bagi para pelajar tingkat akhir di masing-masing level pendidikan mereka. sepertinya memang biasa saja. tak ada yang istimewa. memang tak ada yang istimewa. apalagi untuk pelajar tingkat SMA/SMK. bukan hal istimewa dan menyenangkan yang mereka dapat. tapi hal yang "ISTIMEWA" dalam hal yang tentu akan membuat merkea jatuh bangun dan merem melek dalam mempersiapkannya. entah, apa yang dipikirkan para petinggi pendidikan di Indonesia. apa mereka ingin membuat para pelajar di Indonesia makin rajin dan pintar. atau membuat pelajar Indonesia Strees dan Gila. Ujian Nasional tahun ini tidak hanya soal yang beda terhadap setiap pelajar yang mengikutinya. tapi, benar-benar beda. 20paket dalam satu ruangan. lalu berapa jumlah peserta dalam satu ruangan. tentu saja 20 orang juga. ini berarti setiap anak akan mendapatkan paket yang berbeda saat Ujian Nasional nanti. dan mereka benar-benar tidak akan bisa ada yang menyontek.

dengan 2 orang pengawas yang super ketat yang selalu memperhatikan gerak-gerik peserta dan siap menghisap kebahagiaan mereka seperti halnya Dementor, pelajar benar-benar dituntut untuk berjuang sendiri dalam UN tahun ini. tak hanya sampai disitu. Meskipun sudah berbeda paket, terobosan lain tetap diberikan kepada para peserta UN tahun ini. dengan perkembangan teknologi yang maju. kecurangan-kecurangan yang biasa terjadi benar-benar berusaha untuk diminimalisir. LJK atau Lembar Jawaban Komputer yang digunakan sudah benar-benar memiliki pasangannya masing- masing dengan soal yang diberikan. jadi 1soal = 1LJK. kode-kode soal tidak lagi tertera seperti ujian biasanya yang menuliskan nomor kodenya. tapi soal dan LJK memiliki sebuah Barcode/QR code untuk mencocokannya. hal ini diharapkan dapat mengurangi kebocoran soal seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya.

 ini contoh LJK-nya.

nantinya saat UN berlangsung, setiap anak akan mendapatkan satu paket soal yang benar-benar masih tersegel. jadi dalam satu paket yang tersegel itu terdapat soal dan LJK. LJK dan soal nantinya tidak bisa ditukar-tukar dengan yang lainnya. sehingga jika saat dalam pertengahan mengerjakan soal LJK itu mengalami kerusakan, terpaksa peserta harus menggantinya dengan paket lain. ini berarti tidak hanya LJK yang akan diganti, tapi juga soalnya. dan Peserta harus megerjakan mulai dari nol lagi.

nah gue akan kasih tips, yang mungkin nanti berguna bagi teman-teman semua.
1. pastikan pensil yang digunakan benar-benar pensil 2B yang dapat dibaca oleh komputer.
2. pastikan saat menghitamkan LJK rapi dan tebal.
3. persiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk ujian selangkap mungkin, sehingga tak perlu pinjam saat ujian berlangsung
4. kerjakan dengan teliti dan hati-hati, jangan sampai LJK-nya rusak.
5. gunakan alas untuk mengerjakan LJK untuk meminimalisir kerusakan.
6. tentu saja Berdo'a, Belajar, dan berusaha. jangan lupa minta doa'a restu terhadap orang tua ya.

Ujian Nasional tahun 2013 untuk SMA dan SMK dimulai dari tanggal 15 April S/d 18 April. untuk jadwal lengkap nanti gue update ya.

jadi, persiapkan dirimu untuk Ujian Nasional tahun ini. karena ini adalah Ujian Nasional yang spesial. kita lihat saja apakah nanti makin banyak yang lulus atau yang tidak lulus. yang penting kita harus berusaha dan optimis. Ayo Semua Berjuang..!!

doa'kan gue juga lulus ya.. :D


You Might Also Like

10 comments

  1. kalo misalnya rusak itu loh yang kasian bgt ,, misalnya udah kerjakan hampir sebagian
    eh harus ngulang dari 0 lagi

    ReplyDelete
  2. wahwah, ljk udah sepaket dgn soalnya ya. doakan ya bro, tahun ini saya dan satu angkatan seluruh siswa diindonesia tgl 15 nanti akan UN, semoga angkatan tahun ini lulus 100%

    ReplyDelete
  3. kasian angkatan yang sekarang . .


    mampir juga gan Lintas Informatika >> http://www.lintasinformatika.com

    ReplyDelete
  4. Wah,, berita gawat nih,, ane aja di pra UN gak lulus gimana UN nanti,, malang nasib ane sebagai pemilik IpTek (Seven) Blog

    ReplyDelete
  5. wah tahun ini emang spesial banget, udah 20 paket ditambah LJK sama soal jadi satu paket, wah gawat kalo LJK-nya rusak harus ngulang dari 0. Semoga kita bisa lulus 100 % dan memperoleh nilai yang membanggakan bagi kita dan orang tua kita.

    ReplyDelete
  6. ane doakan sob, sukses untuk Un nya

    ReplyDelete
  7. Waduh kok ribet yang angkatan yg sekarang :D
    sukses deh

    ReplyDelete
  8. tetap semangat pantang menyerah bro

    ReplyDelete
  9. di tunggu update terbaru nya lagi nih :D

    ReplyDelete