Snack Terfavorit Anak SD Gaul Jaman Dulu

10/26/2013 05:39:00 am

Siapa diantara lo yang gak pernah merasakan SD? yang sekolahnya habis TK langsung SMP?? gak ada kan?? Kali ini gue mau ngebahas yang berhubungan tentang masa SD. Bernostalgia :3 Jadi buat lo yang lahir tahun 90' sampe 98' kemungkinan masih dapat berkata "Kangen Masa SD ya" setelah membaca tulisan ini. Buat lo yang sekolahnya langsung SMP gak SD dulu. Lebih baik anda cepat meninggalkan tempat ini. Ini kenapa gue jadi mendiskriminasi ya?

Haah...., jaman SD. Jaman dimana kita benar-benar excited untuk belajar dan pergi sekolah. Jaman dimana kita memulai sebuah kegiatan baru. Jaman dimana kita menemukan keluarga baru. Saat jaman SD, kita bener-bener gak pernah merasakan yang namanya bosen untuk pergi kesekolah. Rasanya sangat bangga sekali waktu pertama sekali masuk SD ya. Ada yang semangat banget berangkat sekolah waktu SD karena dia baru awal-awal masuk kelas 1 SD. Masih unyu-unyu gitu. Lagi seneng-senengnya main sama temen baru. Pelajarannya juga gampang. Ada juga yang semangat masuk SD meskipun pelajarannya mulai susah. Mungkin sekitar kelas 3-5. Tapi tetep semangat bela-belain masuk sekolah karena di SD jugalah biasanya cinta pertama berstatus cinta monyet tumbuh. Persetan dengan pelajaran. Yang penting bisa ketemu dia setiap hari. Nah, pasti ada tuh yang kayak gini.

Dan alasan lain untuk gak bosen saat SD adalah untuk jajan. Ya, alasan ini umum untuk anak kelas 1 sampai 6. Ini jugalah alasan gue untuk berusaha terus bisa masuk sekolah. Siapa yang gak tau dunia jajan anak SD yang gokil dan keren. Hampir semua jajanan atau snack ada disini. Dan yang bikin dunia jajan anak SD ini sangat keren adalah harganya. Harga jajan atau snack di SD terbilang masih murah banget. Mulai dari 500 rupiah sampe 1000 rupiah. Itu untuk anak SD jaman sekarang. Anak SD jaman gue, taun 90'an sampe 07'an masih lebih murah lagi. Mungkin 50 rupiah bisa dapet bakso. Duit juga gak banyak-banyak amat. Saat SD, duit jajan gue cuma 1000. Kalo lagi beruntung 2000. Kalo beruntung banget nemu duit dijalan bisa lebih lagi. Mungkin 2500. Duit jajan segitu udah cukup buat gue dan teman-teman seangkatan makan sampe pantat kejang.

Apasih favorit lo jaman SD? jawabannya pasti beragam. Ada yang lebih suka beli jajanan tradisional biasa. Ada juga yang lebih suka beli snack. Tapi, dari semua jajan dan snack yang beredar di SD pada masa itu, terdapat jajan dan snack terfavorit yang akhirnya jadi legenda hingga sekarang. Pada postingan ini, gue akan bahas snack terlebih dahulu. Dan inillah Legenda Snack Terfavorit anak SD Gaul jaman gue.


SNACK

1. Komo

Ini adalah snack terfavorit gue. Paling sering gue beli kalo jam istirahat. Bahkan kalo sampe rumah masih juga gue cari. Snack Komo ini Twist Corn Snack. Bentuk dan tekstrunya mirip Snack Cheetos. Tapi cita rasanya beda. Setau gue komo gak punya varian rasa. Snack Komo cuma rasa jagung bakar doang. Tapi meskipun rasanya cuma satu, itu gak bikin gue dan ratusan bahkan ribuan anak SD lain bosen untuk beli dan menikmati snack yang satu ini. Harganya cukup murah. Cuma 500 rupiah. Udah gitu, kalo lo beruntung lo bisa dapet hadiah langsung semisal Kalung dan penghapus. Lumayan kan meskipun cuma kalung mainan, bisa buat dikasih ke cewek cinta pertama saat SD. Sampe sekarang komo bungkusnya gak berubah. Rasanya dan harga juga gak berubah. Masih 500 rupiah. Kalo beruntung, lo juga masih dapet kalung atau penghapus. Cuma, sekarang isinya lebih sedikit dari jaman gue SD. Gue mengerti. Gak apa kok Komo. Kami para pejuang jajanan SD akan tetap membeli kamu.

komo si snack legenda tanpa iklan


2. Mie Gemez

Ini adalah snack terfavorit nomor 2. Mie Gemez adalah Snack dalam bentuk mi kering siap makan. Bentuk mi-nya sama kayak mi instan sebelum direbus. Tapi, ini lebih kecil dan gak perlu direbus. Cukup diremes mi-nya trus ditaburi bubuk bumbu yang udah tersedia, dikocok-kocok bentar sampe bumbunya merata, trus tinggal dimakan deh. Kenapa dinamain mie gemez? karena snack ini harus diremes-remes gemes dulu sebelum dimakan. Dan kenapa 'gemez'-nya pake 'z' bukan pake 's'? mungkin produsennya udah alay duluan sebelum jamannya. Bungkus snack ini juga gak kalah gemes. Karena di bungkusnya ada gambar anak botak mirip boboho gagal pake kacamata item lagi ngeremes mie gemez secara gemes. Mie gemez punya beberapa pilihan rasa. Tapi, gue lupa rasa apa aja itu. 



Daya tarik utama mie gemez selain rasanya yang enak adalah hadiahnya. Didalam snack ini terdapat hadiah komik lipat. Gak pake kata 'Jika Beruntung', setiap beli snack ini pasti dapet komik lipat. Itu juga alasan gue untuk selalu beli mie gemez. Buat ngoleksi komik lipatnya. Gue bisa beli 5 bungkus mie gemez sekali beli. Tapi, gak semuanya gue makan, melainkan gue ambil komiknya buat dibaca. Harga mie gemez juga murah kok cuma gopean. Sampe sekarang masih gopean. Tapi sama halnya dengan komo, Porsinya jadi berkurang juga.

3. Permen Karet Yosan

Yang satu ini juga Favorit anak-anak SD gaul jaman dulu. Permen karet Yosan. Harganya yang murah bikin banyak banget anak-anak suka. Jaman gue dulu, permen karet yosan ini harganya cuma 100 rupiah satu. Selain harganya yang murah dan rasanya yang bikin anak-anak SD seakan-akan berubah jadi Lupus, Tantangan mengumpulkan huruf permen karet ini bikin yosan begitu terkenal. Setiap membeli sebungkus Yosan, didalam bungkusnya terdapat salah satu Huruf Y, O, S, A, dan N. Siapa yang bisa mengumpulkan semua bungkusnya hingga merangkai kata Yosan, anak itu berhak mendapat hadiah yang tertulis di Huruf 'N'-nya. Hadiahnya mulai dari kaos sampai sepeda. jaman dulu belum ada hadiah BB atau pun PSP.



Permen Karet Yosan sempat bikin geger dunia gaul anak SD. Karena ternyata huruf 'N' itu sangat langka. Hampir satu SD gue gak ada yang nemuin huruf 'N' termasuk gue. Semua huruf udah gue dapetin. Bahkan sampai koleksi huruf gue dobel-dobel dan akhirnya gue kasihin ke anak yang belum dapet huruf itu. Hingga gue lulus SD tahun 2007, belum ada satu pun anak di SD gue yang dapet huruf 'N'. Menurut anak-anak di SD gue huruf 'N' itu hanyalah Mitos. Tapi gue gak percaya itu. gue yakin huruf 'N' ada di salah satu bungkus Yosan. Gue gak tau, apakah Yosan masih ada sampai sekarang. Yang jelas, dia adalah kenangan indah jaman SD. Mungkin kalo jaman gue SD udah ada twitter, Mitos huruf 'N' Yosan akan selalu menjadi Trending Topic setiap hari.



4. Top

Top juga gak kalah terkenal. Coklat top yang mirip-mirip beng beng ini adalah favorit anak gaul SD jaman gue yang lagi kasmaran. Jaman gue SD snack ini harganya cuma gopean. Waktu itu beng beng belum begitu terkenal seperti saat ini. Dan, Top lah yang jadi primadona. Terutama untuk anak SD yang lagi kasmaran cinta pertama. Snack ini selalu jadi andalan untuk menyatakan cinta. Jaman gue SD dulu, ada temen gue yang suka sama cewek. Dan andalan dia adalah TOP. Setiap istirahat dia selalu nraktir si cewek ini Top. Bahkan saat nembak, dia relai-relain beli boneka lalu ditaruh dalam kotak kado yang berisi beberapa TOP. Dan akhirnya mereka jadian, meski cuma beberapa hari. TOP memang top.




5. French Fries 2000

Snack terakhir menurut gue yang paling terkenal adalah Friench Fries 2000. Snack ini berbentuk seperti kentang goreng dari tepung yang tengahnya bolong. Harganya jaman itu cuma gopean. Cukup murah. Friench Fries 2000 dilengkapi dengan saus sambel yang menurut 'produsennya' pedas. Menurut gue saus sambel di dalam snack ini gak pedes. Rasanya kecut-kecut manis. Gue suka sih. Tapi sedari dulu snack ini porsinya sedikit. Bahkan saus sambelnya gak lebih banyak dari ingus orang yang lagi pilek. Snack ini masih bertahan sampai sekarang. Tapi sekarang harganya telah berubah jadi seribuan. Dan porsinya tetap gak berubah.





Sebenernya masih banyak banget snack-snack favorit yang menjadi legenda. Tapi itu terlalu banyak. Banyak yang gue lupa. Jadi mungkin 5 aja ini cukup. Apakah diantara 5 itu ada snack favorit lo?? kalo gue sih tetep milih Komo. Mungkin snack lo belum masuk di daftar 5 legenda itu, bisa lo tambahin di komentar ya. Jaman SD memang gak bisa dilupakan, paling berkesan. 6 tahun kita hidup bersama di SD. Terlalu banyak cerita untuk dilupakan.

You Might Also Like

46 comments

  1. Hahaha bener banget! Kalau gue ada tambahan satu, mie Fajar sejenis mie gemez haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue sih sebih suka mie Senja *memandang matahari terbenam*

      Delete
  2. Wuih itu Yosan dapet huruf N? Selama SD, aku belum pernah dapet :(
    Aku rindu SD~

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga belum pernah dapet. itu fotonya dapet dari kaskus. :'(

      Delete
    2. Gw pernah dpt huruf N nya dr permen yosan dpt kaos,tp ada cap yosannya jga pasti

      Delete
  3. Permen kino yg hadiah robot, sama anak mas tuh, mie saingannya mie kremez.
    Ah jadi pengen SD lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak mas ada ya?? waah setau gue kunci mas. itu sejenis pilus gitu. sebelum ada pilus tic tac. kunci mas adalah pilus favorit hanya dengan 500 rupiah.

      Delete
  4. di smp gua masih ada snack komo mie gemes...... malah aku paling suka sama mie gemes~ heheehe =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semenjak smp. mie gemez dan komo sudah jarang gue temui. sekarang mie gemez masih dapet hadiah komik lipet gak bro??

      Delete
  5. KOMO! sampe saat ini gue masih suka. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro sama bro *berpelukan* khusus foto komo diatas adalah foto yang baru gue ambil sendiri waktu bikin tulisan ini. 2 hari gue cari-cari snack itu sampe ketemu. akhirnya dapat dan langsung gue borong banyak. :')

      Delete
  6. SD adalah zamannya pengen jajan banyaaaaak banget tapi yang ada uang sakunya cekak. Duh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan. mau ngutang ke yang jualan kita juga belum punya jaminan KTP ya.

      Delete
  7. SD cuma lima tahun x))
    tapi bener lah. Favorit mah mie gemez. Yang gaada di sini, Chuba, sama permen sunkist. Yang masih suka sampe sekarang, mie gemez, top, sama french fries 200 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciyeee Santri beli top buat cinta pertamanya di SD ya?? ciyyee. :p

      Delete
  8. Anjrittt ente dapet darimana itu huruf "N" ? Gue penasaran banget sama itu huruf, sumfehh beli sampe puluhan kagak dapet-dapet :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue dapet dari kaskus bro. coba klik keterangan fotonya. itu sumber fotonya. gue juga belum pernah dapet huruf N secara langsung. ataupun melihat orang mendapatkan huruf N secara langsung.

      Delete
  9. Waktu SD paling suka ngemil mie gemez sama permen yosan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. komik lipetnya mie gemez masih ada sampe sekarang gak bro??

      Delete
  10. Mie gemez :3 jadi rindu snack snack SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku kok jadi rindu kamu ya :3

      Delete
  11. Sebagai anak SD era 96 dan lulus di thn 2002 (masih ingat) aku mau berbagi jajanan favorit..
    Mie anak emas (sesepuh dari mie gemez)
    Es wawan (ice cream rasa buah+susu,yg wadahnya dari plastik mirip guling ato mirip pocong)
    Mie biting
    Es roti
    Chiki,jet Z,cheetoz,krip krip
    Dan dulu semua masih Rp 25 aja :)
    How I miss my childhood

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, iya. inget. es wawan yang kalo beli dipotek dulu.
      chiki dan jet Z sekarang juga udah sulit ditemui. 2002 saya baru kelas 2 SD. *salim sama kakak kelas*

      Delete
  12. aku juga anak 96 dan lulus 2002 yeaayyyy :D
    banyak makanannn lhooo
    NAMBAHIN YAAAA :D

    1. ANAK MAS (ini gak kalah enak dari mie gemez dulu sih 250an)
    2. BITING / LIDI (100an bo!)
    3. AMEX (300an ini rasa jagung bakar)
    4. COKLAT DI WADAH TRUS DI SENDOKIN (lupa namanya 50-100an)
    5. TELOR CICAK (dalemnya pasti ada kertasnya, kalo beruntung dapet duit atau mainan harganya? 50 perak)
    6. KRIP-KRIP (ga terlalu suka sih)
    7. MIE GORENG ( sejenis krip-krip, tapi aku lebih suka mie goreng ini, harganya? 50-100an murah keleus)
    8. KENJI (dulu warnanya biru sama ijo. yang laris ya biru, 250-300an)
    9. TRAKINAS (sejenis biskuit gitu, enak!)
    10. PINDY MINT (dingin-dingin empuk), DREAMY
    11. COKLAT PAYUNG, COKLAT JAGO, SUPERMAN, COKLAT/PERMEN ROKOK (pokoknya bentuknya kaya rokok gan)
    12. PERMEN SUSU yang suka lengket2 kertasnya itu :)))
    13. JAGOAN NEON
    14. CHIKI YANG SUKA ADA HADIAH TAJOZ NYA
    15. HOT-HOT POP masih bentuk kaki.
    16. CHOYO-CHOYO (temennya choki2)
    17. LEKER (sampai sekarang masih ada)
    18. ES LILIN, ES BONBON, ES MONY
    19. YOSAN
    20. CHIKI CHOCOLATE STICK SAMA YANG STRAWBERRY JUGA
    21 MIE REMEZ temennya mie kremes.

    hahahaha udahan ahh :D
    masa kecil aku BAHAGIA yeaaaaaaaaaayyy!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. lulusan tahun 2002 juga?? wah kakak kelas lagi *salim*
      kebetulan banget, sekarang udah jadi agen snack di SD SD ya kak??

      Delete
    2. iya dong... anak 2002 kece-kece (--,)
      hih. bukan agen snack. nyambi jd ibu kantin pas sekolah :)))))))))

      Delete
  13. Dulu aku suka beli permen karet YOSAN, tapi aku gak terlalu peduli utk ngumpulin hurufnya, aku cuman peduli ngumpulin hadiah stiker tato nya haha kan gambarnya tokoh2 anime yg aku suka gitu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ada hadiah tatonya ya?? gak inget gue. maklum. anak alim, gak suka pake tato. hahaha

      Delete
  14. dulu mie gemez sekarang celana gemez xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. celana gemez yang dipake sama dedek-dedek gemez di mall XD

      Delete
    2. @om anggitabay duhh sekarang ga cuma celana gemez om. celemek bahkan. *silahkan artikan sendiri* :)))))))))))))))))))))

      Delete
  15. wah ini buat gua jadi inget waktu jaman sd dulu haha, tapi rata-rata yang disebutin di atas itu hampir semua masih ada ya sampe sekarang, legendaris banget snack nya. tambahin nih, yang paling gua suka banget itu, telor gulung yang di abang-abang yang saos nya merah banget itu, mantep itu HAHA
    visit http://officialbronis.blogspot.com/2013/10/pacar-ku-oppo-n1.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. mereka akan selalu dikenang. :')

      Delete
  16. ahahaha.. saya sukanya Coki-coki yang panjangggg dan lebarrrrr.
    jadi inget dulu duit jajan SD cuman 400-500 perak udah dapet martabak telor sama es cendol

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak Aprie angkatan tahun berapa emang?? duit jajannya masih bisa buat makan sehari waktu itu ya? hahaha

      Delete
  17. Bon tambahin yak
    1. Cokelat payung
    2. Cokelat koin
    3. es teh manis mbak kantin yang pake plastik es bening :))
    4. Anak Mas.. sampe sekarang masi nyari yang jualan anak mas.. XDD

    ReplyDelete
  18. Aku juga makan makanan yang ada diatas XD begitu juga dengan mainannya wahahhahaha

    ReplyDelete
  19. ahahhah dah tak cobain semua makanan itu wkwkkw

    ReplyDelete
  20. Yang lidi-lidian itu loh. Favorite gue bgt bang.

    ReplyDelete
  21. Nambahin:
    1. Permen cincin yg ada berlian nya terus dikenyot2 ampe iler nye tumpeh2

    2. Permen kapas merk koala

    3. Permen kacamata yg mirip M&M cm jauh lebih murah

    4. Permen yakult, cola candy, split, yupi

    5. Permen cip cup, yg ky lollipop dicelupin ke bubuk manis gt

    6. Jagoan Neon (hayooo inget nama jagoan2 nya ga?)

    7. Pendekar biru

    8. Mie Ta Mie

    9. Es mambo (bisa orange, anggur, leci, irisan mangga, suka2 tuh enci yg bikin dah)

    10. Permen yg ky kristal bubuk meledak2 di mulut (maap lupa merk)

    11. Chiki tp yg potato stick bkn yg Chiki balls

    12. Twisko

    13. Serena snack

    14. Permen Pagoda pastiles

    15. Permen milton

    16. Permen karet big babol

    17. Permen milkita (yg bego ny gw seduh sepuluh permen supaya jd susu cm ga cair2 tuh permen)

    18. Rambut nenek sihir

    19. Permen yg warna ny ijo n merah doang yg dibuat ny ditarik2 ama abang ny sesuai permintaan bisa sikat gigi, bunga, peluit, ayam jago, keris, ikan

    20. Gulali genjot (seru aje liat bikin nye entah pake pewarna baju ato kaga tuh ngejreng bner warnanya)

    21. Pop ice, soda gembira, dkk

    22. Pop corn warna warni dijual ama abang2 dpan skolah

    23. Susu murni nasional (yg tau pasti terngiang ngiang soundtrack nya)

    23. Snack2 yg dibawa pake karung gede, klo beli nanti makan ny ditaro d gelas bekas KFC ato McD dikasih bubuk pedes trus pake sumpit kayu makannya

    24. RC Cola, Minuman Badak sarsaparilla, Mirinda yg pake es balokan mentah wkwkwkw

    25. Kola kola dan sejenisnya yg pake soda penyejuk wkwkwk cacad booo

    Yah ga heran lah radang amandelan molo dari kecil

    ReplyDelete
  22. Masa2 SD... sesuatu bnget... hahaha

    ReplyDelete
  23. Masa2 SD... sesuatu bnget... hahaha

    ReplyDelete
  24. Jajanan sd yg paling seru tuh ciki ditaro gelas bekas mcd trus taburin bubuk oren dimakannya pake sumpit sekarang udh kaga ada yang jual lgi haha
    Kalo permen yang fenomenal waktu gue kecil mah permen bubuk asem entah apa isinya bisa asem banget bungkusnya itu kaya drigen2an kecil gtu :D
    Ciki panser juga gue dulu beli banyak buat nyari hadiahnya. Dasar jaman bocaah..sesuatu

    ReplyDelete
  25. Waaaaawwww lagi pads nostalgiaan
    Ikutan donkk

    Coki coki gk di masukin om

    ReplyDelete