CAREER FIRST by Maya Arvini: Melangkah Pasti Ke Dunia Kerja

6/25/2014 04:56:00 pm

Hai, apa kabar semua ?? semoga kalian baik baik aja. Hehehe, kali ini, gue akan mencoba suatu hal baru. Ya, hal yang baru. Gue akan review buku. Muehehe. Ini pertama kalinya gue review buku di blog. Gue gak tau ini akan bagus atau gak, karena biasanya gue kalo review jatuhnya spoiler. Jadi, buat lo yang gak suka spoiler, CEPAT CLOSE BLOG GUE. Tapi, habis baca review ini sampai selesai ya. Muehehehe.

Review kali ini sebenernya untuk acara One Book One Day hari rabu minguu lalu. Tapi ternyata buku gue baru datang senin pagi dan, baru bisa review sekarang. Soalnya kerjaan gue juga lagi padet. Maaf ya kakak kakak semua.


duh, mbak Maya senyumnya ^.^)/


Jadi, buku yang akan gue review kali ini adalah buku Pengembangan Diri berjudul “CAREER FIRST” karya Mbak Maya Arvini. Sedikit profil Mbak Maya Arvini nih. Jadi, Mbak Maya ini dari muda udah berprestasi bro. Mbak Maya pernah menjadi juara DKI Jakarta kompetisi Matematika, Fisika dan Kimia. Mbak Maya juga juara Nasional Cerdas Cermat. Udah gitu, mbak Maya juga penerima beasiswa Exxon Mobile dan Sampoerna Foundation. Lalu, lulusan terbaik Magister Manajemen Universitas Indonesia tahun 2005. Beeeh. Keren pisan euy mbak Maya ini. Pantes aja bisa sukses gitu. Hebat. Nah, di buku ini lah, mbak Maya akan berbagi dengan kita bagaimana cara untuk berkarir dan menjadi sukses. Langsung aja, kita review buku ini. Uhuhuhuuuw (  >.<)9








Judul: Career First
Penulis: Maya Arvini
Penerbit: Gagasmedia
Genre: Non-Fiksi/Pengembangan Diri
Tebal: 202 Halaman
Terbit: Tahun 2014
ISBN: 979-780-723-1
Harga: Rp. 53,000


“THERE IS NO SHORTCUT TO SUCCES.”
Karier gemilang bisa dicapai jika kita berhasil melampaui berbagai tantangan sejak di tangga pertama. Sayangnya, banyak di antara kita yang baru memulai karier pertama, tidak punya petunjuk atau kisi-kisi tentang dunia professional. Padahal banyak tahapan yang harus ditaklukan karena tidak ada jalan pintas untuk meraihnya.

****
Nah. Seperti tulisan diatas. Banyak orang yang memulai kariernya tanpa gambaran apapun. Tanpa petunjuk. Iya. Banyak banget. Akhirnya, mereka kayak kalang kabut di dunia pertamanya dalam kerja. Terutama Fresh Graduated. Nah, dari buku “Career First” karya Maya Arvini ini lah, kita bisa belajar, bagaimana cara memulai sebuah karier agar berhasil dan gemilang. Buku “Career First” ini hadir sebagai guide untuk para pekerja pemula. Ini buku petunjuk, panduan untuk kita. Setelah membaca buku ini, gue makin tau tentang bagaimana dunia kerja itu. Sebetulnya gue udah punya beberapa pengalaman kerja sih. Gue sekolah di SMK. Di SMK gue udah diajarkan bagaimana untuk menghadapi dunia kerja. Gue udah dapet pengalaman kerja dengan magang di dua perusahaan. Dan setelah lulus SMK tahun 2013, gue gak langsung kuliah. Tapi bekerja. Ya, gue adalah Fresh Graduated yang bisa disebut pemula dalam berkarier.

Menurut gue, buku ini cocok nih untuk anak sekolah juga. Agar mereka punya gambaran untuk dunia kerja. Mungkin, ini harus di distribusikan ke sekolah sekolah juga kali ya mbak. Hehehe

Oke, Pertama kali denger tentang genre buku ini gue agak bengong terus berkata “waah, bukan tipe bacaan gue nih” agak, pesimis sih apakah betah atau gak baca bukunya. Lalu saat pertama kali lihat cover nya, komentar gue adalah. “waah. Menarik kayaknya” ho oh. Bener, cover bukunya menarik banget. Pas emang ditujukan untuk para kawula muda. Uwuwuw. Setalah membuka buku ini setiba nya di gue, gue merasa buku ini penuh dengan semangat. Warna merah yang mendominasi emang sengaja untuk membakar semangat nih. Keren. Tapi, gue gak ngerekomendasiin lo baca buku ini di tempat yang minim cahaya. Jangan!

Buku “Career First” ini  terdiri dari beberapa BAB yang nantinya ada Sub Bab nya lagi. Isi bukunya bener bener ngasih kita pedoman. Apa saja yang harus kita miliki untuk menjejaki dunia kerja professional. Kayak di BAB 1, Diri Sendiri: Modal Awal; yang membahas tentang masa muda Mbak Maya. Sedikit bocoran, ternyata masa muda nya Mbak Maya ini diisi dengan berbagai hal bermanfaat yang tentu saja juga menyenangkan. Apa yang dilakukan mbak Maya di masa mudanya ternyata menghasilkan modal yang luar biasa untuk karier nya ini. Ada juga BAB 2, Kenali Dirimu; disini mbak Maya mengajarkan kita bagaimana untuk mengenali diri sendiri. Mengenali hal hal yang ada di diri kita yang harus di kembangkan untuk Karier. Dan masih ada beberapa BAB lagi yang sangat memberi pencerahan untuk pekerja muda. Apa aja itu?? Yah, silahkan dibeeliii~ gak rugi lho.

Buat anak muda yang mudah bosan dengan bacaan serius kayak gue ini, jangan khawatir. Pembahasan di buku ini sangat mudah di pahami kok. Gue aja yang biasanya baca komik suka bingung baca “Career First” ini ngerti kok. Gaya penulisan Mbak Maya gak bikin bosen kok. Ciyuus deh! Di dalam buku ini juga ada ilustrasi ilustrasi lucu gitu. Salah satu hal yang juga bikin kita gak bosen. Iya gitu deh.



Ilustrasi nya pun mengajak kita berinteraksi. muehehe


Gue paling suka waktu BAB mbak Maya bahas tentang Office Politics. Gue jadi banyak mempelajari bagaimana saja Office Politics itu. Gue tertarik, karena gue pun dari saat Magang udah melihat Office Politics. Hingga tempat bekerja sekarang.  Untuk lo, serius deh. Baca deh buku ini. Biar nanti gak kaget waktu pertama kerja.

Di dalam buku ini pun banyak kutipan kutipan menariknya. Mm, gimana kutipannya?? Mau tau?? Nih, gue kasih liat dikit aja…






Mmm, oke kan?? Bisa buat update status juga tuh. Nah, masih banyak lagi tuh kutipan menarik lainnya. Kalo mau tau ya, beli dong bukunya. :p

Overall. Bukunya keren, mudah dipahami, dan sangat bermanfaat. Nilai A untuk buku keren persembahan Mbak Maya ini. Gue rekomendasikan buku ini buat elo. Elo. Elo. Dan elo yang mau memasuki dunia kerja dan baru memasuki dunia kerja kayak gue. Terima kasih mbak Maya atas bukunya. Sekarang saya punya pegangan untuk dunia kerja deh.

Mbak Maya ini masih muda, cantik, dan sukses. Beeeh, wife-able bangetz!!! Anyway, Mbak Maya suka brondong gak?? Saya baru 19 tahun. Ehm,. Ehm. *DiBakarMassa*

Selfie dulu ah~ maaf ekspresi saya. (u_u )

Oke, segitu dulu review buku dari gue. Ternyata gue bisa juga ya bikin review. Meskipun masih jelek sih. Gak apa. Ini namanya tantangan. Karena, kata mbak Maya juga, di bukunya “Career First” mengenai comfort-zone “Kenyamanan, tanpa kita sadari, akan membuat kita kurang waspada dan malas untuk meningkatkan kompetensi” jadi, gue perlu mencoba hal yang baru. Tantangan terhadapa gue sebagai blogger. Sekali lagi terima kasih untuk kalian yang sudah baca tulisan ini. Mohon maaf kalo ada salah kata, baik itu sengaja atau gak sengaja. Typo kan selalu ada~  jangan lupa baca buku “Career First” ya.



And Thanks For Reading!

You Might Also Like

12 comments

  1. Akhirnya ya, Bon bisa ngereview juga. Keren nih bukunya wajib baca banget buat yg mau terjun ke dunia kerja

    ReplyDelete
  2. Ciyeee Abon ngereview buku... Ekspresi lo Bon yaampuuuuun

    ReplyDelete
  3. Kenapa buku inu baru ada pas gue udh resign? Tapi nggapapa lah ya.. Sambil kuliah baca ini jadi entar pas kerja udh mantep bgt gue (???) ah ngomong apasih gue.
    Ayo bon belajar ngereview lagi biar makin bagus. Ini udh good. Wohooo.

    ReplyDelete
  4. 我觉得你的写很好。。
    但是我很喜欢你的照片。 你很可爱Aboon hahahaha :))

    ReplyDelete
  5. "Usaha setengah-setengah tidak akan dapat hasil yang besar" lah ini gimana nasib gue, udah salah di awal dan bentar lagi menuju akhir (baca:salah jurusan). Bener-bener pengin beli ini buku, deh.

    Thanks reviewnya, Abon..

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Tjie karbon ngereview, sukses eaaak. #KuduSelfie emg penting tuh, kak!

    ReplyDelete
  8. Sebenernya gue udah lama tau lo ngereview buku ini, apalagi waktu pamit ke gue bilang lagi ada PR. dan sebenernya gue mau copas semua komen diatas. Tapi karena gue blogger kreatif yang katanya gaboleh copas. gue nulis lagi aja.

    "TJIIIEEE ABON NGEREVIEW BUKU DONG! SELFIE NYA TAMBAH DONG JANGN CUMA SATU! #EH"

    ReplyDelete
  9. OH ABON NGEREVIEW BUKU, OH.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih untuk review-nya Bon. Jadi punya referensi buku yang akan dibeli. Sekilas, ilustrasinya mirip di Benabook punya @benakribo ya.hehe

    ReplyDelete
  11. Whaaah, Reviewnya asiik ;)

    ReplyDelete