Review Semester 1 dan Lahirnya Buku Gue, DEPOK FOODGASM

2/13/2016 02:18:00 pm

Wassup gengs! Apa bakar? semoga bakar baik. Di kesempatan posting kali ini gue mau sedikit berbagi tentang kehidupan perkuliahan gue. Seperti yang udah gue ceritain sebelumnya *Kalau gue gak lupa cerita* Gue sekarang kuliah di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Jurusan Penerbitan, Program Studi Penerbitan. Semester 1 sudah lewat dengan lumayan mulus. Dan sekarang gue mulai memasuki semester 2.

Nah, dalam postingan kali ini gue mau cerita soal apa aja sih yang dipelajari di semester 1 dan apa hasilnya. Itung-itung buat gambaran lo juga. Kali ada yang tertarik untuk masuk ke kampus ini dan ambil program studi penerbitan. Postingan ini sekalian buat review tentang apa yang udah gue pelajari. Jadi di semester 1 kemarin total ada 9 mata kuliah. Dan akan gue review asal asalan kesembilannya. Mari kita lihat mata kuliah apa sajakah itu.

PENULISAN I
Di mata kuliah penulisan satu ini gue dapet 2 dosen dan dua kali pertemuan dalam seminggu. Setiap pertemuannya beda dosen. Di pertemuan pertama dosennya cewek. Kita kita lebih banyak belajar teori dan kalau praktek biasanya berkelompok. Di pertemuan berikutnya dosennya cowok. Anak anak banyak yang nyebut dosen ini sebagai dosen metal. Yang paling penting di setiap perkuliahan bagi dosen ini adalah dimulai dengan secangkir kopi hitam di mejanya. Untuk dosen yang ini, kita lebih banyak praktek nulis. Mulai dari nulis deskripsi, eksposisi, hingga argumentasi. Setiap pertemuan dia kita lebih sering disuruh keluar kelas untuk mencari bahan tulisan. Yang paling gue inget adalah pernah kami sekelas mantengin abang-abang salah satu kedai kopi di kantin selama kurang lebih satu jam. Si abang sempet ngerasa canggung dan bingung. Gimana gak canggung dan bingung lha wong ada 30 anak gak jajan di tempat dia tapi melototin gerak geriknya mulu. hahaha.

PPKN
Mata kuliah ini ya hampir sama kayak mata kuliah pendidikan warga negara yang lain. Di sini gue belajar mulai dari sikap anti korupsi, cinta negara, dan lain lain. Gak ada yang menarik sih buat gue. Karena gue kuliah di sini gak pengen belajar kewarganegaraan. Tapi ya gimana lagi, ini mata kuliah wajib di setiap perguruan tinggi.

B.INGGRIS
Sama seperti belajar bahasa Inggris pada umumnya. Cuma di sini lebih asyik aja cara belajarnya.

PENGANTAR KEILMUAN
Gue kurang paham sih di mata kuliah ini belajar apaan. Setiap pertemuan lo akan disuguhi belajar beberapa kutipan bahasa latin. Gue sempet mikir dosennya ini lulusan Hogwarts. Soalnya bahasa latinnya mirip mantra sihir Harry Potter. Tapi ternyata bukan. Yang jelas setiap pertemuan kuliahnya, kami dibagi jadi 6 kelompok. Ada kelompok teknologi, ekonomi, bahasa, seni, olahraga dan politik. Di kuliah ini lebih banyak diskusi dan tugas kelompok.

PENGANTAR ILMU PENERBITAN
Di mata kuliah ini lo akan belajar dasar-dasar ilmu penerbitan. Kayak sejarah penerbitan di Indonesia, sistem kerja penerbitan, lingkup kerja penerbitan, hingga royalti dan lain-lain. Di mata kuliah ini dosen suka banget sama mahasiswa yang aktif, entah itu aktif bertanya maupun menjawab. Saran gue sering sering aja deh aktifnya, kalau dia suka sama jawaban lo, udah dipastikan lo akan dapat nilai minimal B di akhir semester.

SISTEM INFORMATIKA
Di sini lo akan belajar dasar sistem informatika. Membuat flow chart hingga struktur manajemen. Terutama untuk sistem informatika yang diterapkan dalam perusahaan penerbitan dan percetakan.

BAHASA INDONESIA
Mata kuliah Bahasa Indonesia di sini bener-bener mengajarkan lo untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selama perkuliahan Bahasa Indonesia berlangsung pun lo harus pakai Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setelah semua materi yang diajarkan selesai, lo akan sering presentasi. Selain untuk menguji seberapa pemahaman lo soal materi yang telah diajarkan, hal ini juga untuk melihat sudah seberapa jauh kemampuan berbahasa Indonesia lo yang baik dan benar. Sorry ya, gue nulis soal mata kuliah ini pake bahasa gaul bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar. hahaha

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Di mata kuliah agama islam ini gue suka banget sama dosennya. Dosennya ini asalnya dari Malang. Buat gambaran lo aja. Gaya ngomongnya dia itu mirip banget sama Dodit. Dosen ini juga lucu banget kalo ngajar. Bikin gak bosen waktu belajar. Sistem belajarnya dia itu adalah kita yang presentasi, tanya jawab sesama mahasiswa juga. Di akhir kelas baru dia kasih kesimpulan dan ngejelasin.

PENGANTAR ILMU GRAFIKA
Mata kuliah ini dosennya sama kayak mata kuliah Pengantar Ilmu Penerbitan. Yang membedakan ya tentu yang dipelajari di mata kuliahnya. Hahaha. Kalau di PIP kita lebih ke Penerbitan. Kalau di Pengantar Ilmu Grafika ini kita banyak belajar soal teknik kegrafikaan alias cetak mencetak. Di sini kita belajar mulai dari sejarah Grafika di dunia, peran grafika, sampai teknik teknik cetak dan jenis mesin cetak.

Jadi itu dia sembilan mata kuliah yang gue pelajari selama semester 1. Di semester 2 ini gue dapat banyak mata kuliah baru. Dan nanti akan gue review setelah lulus semester 2.

"Lalu tadi lo bilang ada hasilnya dari semseter 1, Bon. Apaan tuh?"

Pertanyaan yang bagus yang ditanyakan oleh hati kecil gue sendiri yang berperan sebagai pembaca blog ini. Jadi selain ilmu, pengelaman, nilai dan keterampilan. Hasil dari semester satu ini adalah sebuah produk. Yak sebuah produk dari penerbitan A.K.A buku. Di akhir semester kami diwajibkan membuat produk apakah itu majalah atau buku yang berbau kuliner. Dan akhirnya kelas gue memutuskan untuk membuat produk buku yang mebahas tempat kuliner di Depok.


Keren kan namanya? Bikin kita ndesah ndesah kelaparan. Jadi cara pengerjaan buku ini adalah, setiap anak wajib menulis satu artikel review tempat makan untuk dikumpulkan menjadi satu buku. Untuk layout bukunya, kelas gue punya tim sendiri. Thanks to Kharis, Ulfa, Irine, Rahmat, Santi dan Vivi yang udah ngegarap layout buku ini. Thanks juga buat Bu Hesti yang ngebimbing pengerjaan buku ini. Buku ini emang belum maksimal, karena kami yang semester 1 ini baru belajar sedikit sekali untuk membuat buku yang keren. Tapi kedepannya, kami akan buat karya yang lebih keren lagi. Tunggu aja karya kami berikutnya.

Oiya, di buku ini gue review tempat makan yang menurut gue cukup asyik, namanya Dino Steak & Pasta House. Mungkin gue akan menulis ulang review gue yang ada di buku ini dengan gaya tulisan yang lebih bebas di blog ini atau blog yang lain. Tunggu aja!

Thanks buat lo semua yang udah baca postingan kali ini. Ini sedikit gue kasih intip isi dari buku DEPOK FOODGASM!


 Daftar isi

 Cover review bagian gue

 Tulisan gue di dalam buku. Ini doang.




 Artikel lain. Bukan punya gue.


Quote tentang makanan di beberapa halaman


Tim Layout. Silahkan difollow IG mereka bagi yang berkenan.

Buat yang mau cari makanan enak di Depok tapi bingung, buku ini bisa jadi salah satu panduan. Ngehehe!

You Might Also Like

19 comments

  1. Baru tau gue kalau ada jurusan penerbitan. Kudet banget yah gue, anak kampung sih.. :D

    Btw, bukunya bagus banget.. Kayak cucok kalau dijual
    Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi harganya kalau untuk sebuah buku kuliner belum cucok nih. hahaha

      Delete
  2. wahhh keren nih tim layoutnya, nggak kalah sama majalah majalah di luar sana. dan kesannya lo enjoy bgt yah belajar di jurusan ini, syukurlah hehehe semoga nilainya bagus bagus (y)

    ReplyDelete
  3. Keren banget bang abon!

    ternyata ada juga ye kuliah jurusan penerbitan, baru tau XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma ada dua tempat di Indonesia yang memiliki jurusan penerbitan.

      Delete
  4. Wuih keren buku DEPOK FOODGASM-nya. Semoga lancar kuliahnya beserta tugas-tugasnya deh.

    Dan juga siapa tau dari sini, nanti lo bisa nerbiti buku sendiri. Haha. Sukses terus! :)

    ReplyDelete
  5. KEREN banget :D good job, semoga bisa melahirkan karya-karya keren lainnya yah, sukses! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip! Tunggu karya terbarunya di sini. hehehe

      Delete
  6. kereeeeeeeeeeeeeeen ka boooooooooon. jadi laper.

    kaabon folbek ya

    ReplyDelete
  7. bagus banget bukunya, jadi mau cicipi kuliner depok.

    ReplyDelete