Jajan di Brandt's Cafe, Food Garden Cakung

4/19/2017 11:15:00 am



Jadi beberapa waktu lalu baru aja dibuka sebuah tempat makan baru di Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur. Namanya Food Garden. Food Garden ini food court yang di dalemnya banyak banget tempat-tempat makan enak dan kece buat nongkrong. Gue sebagai anak Cilincing yang deketan rumahnya sama JGC, Cakung pun jadi penasaran. Masa iya kita deketan tapi gak pernah nyobain ke sana sih? yaudah deh, kebetulan juga emang lagi ada si Windul, anak Samarinda yang lagi stay di Jakarta untuk mencari ilmu dan jodoh, Gue pun nyobain nongkrong di Food Garden.

Sebelum launching, sebenernya gue udah diajakin nih sama salah satu tante-tante kece sahabat blogger, si Tante Amanda. Kebetulan waktu itu Food Garden lagi ngundang blogger untuk launching mereka. Sayangnya gue yang lagi sibuk banget nggak bisa ikutan. Akhirnya, Tante Amanda atau biasa dipanggil Taman yang udah datengin launchingnya ngajakin gue, Windul dan temen-temen yang lainnya buat nongkrong lagi di situ.

Entah kenapa, Taman ini emang ngebet banget ngajakin gue ke situ. Katanya sih gara-gara rumah gue deket. Padahal sebenernya gue rasa dia udah jatuh cinta tuh sama pesona Food Garden. Tapi emang dianya aja yang males nongkrong sendiri, jadinya ngajak-ngajak gue. Emang sih, mana asik nongkrong sendirian di tempat kayak gitu. Nongkrong asik sendirian itu paling enak cuma di jamban. Soalnya kalo rame-rame bukannya asik, malah sempit. Pantatnya desek-desekan rebutan jamban.

Jadi ceritanya, temen-temen pun diajakin dan waktu ditentukan. Hari Minggu tgl 16 April jam 12 jadi waktu janjian kami. Gue yang emang rumahnya deket jelas nyelow banget berangkatnya. Sebelum berangkat aja sempet bantuin nyokap bikin tumpeng dan nasi bakar, terus dilanjut juga sama nyervis motor dulu. Hal ini jelas bikin gregetan Taman yang udah nyampe duluan di sana. Gue di-chatin terus suruh cepetan. Alasannya karena anak-anak udah pada rame, Imrin si Anak Depok, juga udah nungguin. Selesai nyervis pun gue melesat cepat ke sana. Nggak ada 15 menit gue udah sampe Food Garden. Sambil nenteng-nenteng gorengan pesenan Windul, gue nungguin mereka di area tamannya Food Garden. Habis nunggu mereka sebentar, ternyata yang dateng cuma ada Taman dan Windul. Yang lainnya nggak jadi dateng. Gue ketipu. Sedih.

Nggak basa-basi mereka melahap gorengan dengan bahagia. Ternyata mereka ini sengaja nggak pesen makanan dulu buat nungguin gue. Jadi emang efeknya laper bahaya banget, ya, sampe mereka rela nipu gue. Sedih.

Karena laper, akhirnya nggak nunggu lama, kami langsung keliling Food Garden deh buat milih enaknya makan apa. Taman pengen nyobain ramen di situ, jadi kita langsung aja ke tempat ramennya. Sayang seribu sayang, ternyata tempatnya tutup. Yaudah deh kita keliling lagi. Ternyata banyak tempat yang udah pernah didatengin Taman sebelumnya. Di antaranya, Kedai tok tong, Soto Susu dengan penjualnya yang berbaju putih dan juga berkulit putih imut, dan Cafe Brandt's. Emang kebetulan kami datengnya pas tanggal merah hari minggu plus libur paskah kali ya, tempat makan di situ lagi banyak banget yang tutup. Akhirnya pilihan yang direkomendasiin Taman sebagai veteran yang berpengalaman di situ adalah, Cafe Brandt's. Alasannya, soalnya tempatnya asoy, adem, dan menunya kekinian.

Gue yang emang lagi pengen roti-rotian pun seneng dong, soalnya katanya di situ ada burger atau hotdog. Masuklah kami ke Brandt's dan lansung ngambil duduk di pojokan deket pintu masuk. Seorang mas-mas berwajah ramah dan berbadan pendek datengin kami sambil bawa dua talenan yang di atasnya nempel kertas menu di Brandts. Dengan sangat sabar, mas ini nungguin kami yang milih-milih makanan. Gue cukup mengacungi kesabaran si Mas ini. Gimana nggak sabar, udah lama milihnya, kami juga banyak tanya. Dan dengan cekatan, dia bisa jawab dengan lancar lho semua pertanyaan kami. Ini orang nilai ujiannya pasti bagus.

 Ini nih masnya, sabar banget dia sama kami/Foto IG @Brat.at

Foto-foto makanan di Brandt's bikin ngiler semua. Tapi tetep kami gak bisa milih semua yang kami mau. Alasannya sih simpel, selain karena emang kami takut nggak kuat ngehabisinnya, kami ini masih mahasiswa dan anak muda sayang dompet. Sayang kalo dikeluarin isinya.

Akhirnya pilihan gue pun jatuh di Spooky dog, hot dog item dengan cabe ijo dan bawang bombay. Padahal sebenernya gue tertarik sama omelette mozzarellanya. tapi kata Taman, karena dia udah pernah pesen itu, mendingan gue pesen yang lain aja. Nanti rasa omlettenya dia ceritain aja ke gue. intinya, omelettenya enak, begitu kata dia. Nah, kalau Taman pesen Australian Beef Strip, dan Windul pesen Chicken Tender. Selagi nunggu pesenan dateng, Taman dan Windul semangat banget foto di sana sini. Mulai dari pojokan Brandt's, sampe selipan ketek mas-masnya. Saking asiknya, sampe mereka gak sadar waktu makanannya dateng. Hal ini bikin Taman kesel, soalnya Beef Stripnya yang mau difoto, diaduk sama masnya yang nganterin, kata masnya sih biar nggak keburu gosong soalnya kan pake hot plate. Selain karena pengen difoto, Taman juga pengen telornya setengah mateng. Tapi kalo diaduk, jadinya mateng semua deh makanannya. Dia jadi kesel banget dan matanya nggak berhenti ngeliatin telor setengah matengnya Windul, nunggu kesempatan yang tepat buat nyaplok waktu Windul meleng.

 Aus Beef Strip

Mulailah kita makan. Australian Beef Strip punya Taman disajikan dengan komposisi Nasi, jamur, telor, dan beef ditaruh di hot plate yang ngebul luar biasa. Waktu lagi ngebul-ngebulnya ini, mas-mas yang nganterin nuangin secangkir saus di atasnya, gue lupa nggak nanya itu saus apa yang dituang. Dan sehabis nuang dia langsung ngaduk isi hot platenya, bikin Taman kesel. Di samping tragedi diaduknya Beef Strip punya Taman, ternyata rasanya enak banget lho. Beef Stripnya gurih dan empuk. Nasinya juga enak. Mirip-mirip nasi goreng tapi nggak berminyak. Gue juga lupa nggak nanya nih, sebenernya nasinya dibumbuin apaan. Tapi enak, gurih gurih sedep kalau dimakan bareng beef stripnya. Yang gue suka dari Beef Strip ini adalah karena nasinya ini ditaruh di hot plate, dia  jadi agak berkerak gosong gitu. Jadinya ada kayak renyah-renyah garingnya. Dimakan bareng Beefnya jadi renyah garing campur empuk gurih daging. Ntap! Hehehe.

Chicken Tenders

Komposisi Chicken Tender yang dipesen sama Windul nggak jauh beda sema Beef Strip Taman. Yang bedain ya, kalau Taman pake daging sapi, Windul pake daging ayam. Rasa nasi dan pelengkap lain di Chicken Tender Windul juga sama kayak Beef Stripnya Taman, gurih dan enak. Tapi ayamnya nih, gue nggak tau dibumbuin apaan, rasanya agak manis. Buat gue yang suka banget sama pedes, gue kurang suka rasa-rasa manis begini.

Spooky Dog

Nah, kalau Spooky Dog gue disajikan di black bun, di tengahnya ada sosis gede, potongan bawang bombay, smoke beef, dan cabe hijau. Terus di atasnya dituangin saus bbq. Menurut gue yang pecinta pedes, Spooky dog ini bukan makanan yang cocok untuk dimakan. Rasanya manis-manis saus bbq. Mungkin kalau besok gue ke Brandt's lagi dan pengen makan spooky dog lagi, gue minta sausnya diganti pake yang pedes aja kali ya. Tapi Spooky Dog ini kayaknya emang disajikan buat anak-anak. Soalnya selain nggak pedes, namanya juga unik dan bikin anak kecil penasaran, cabe ijo dan bawang bombaynya pun dikit banget. Jadi buat gue yang suka banget sama jenis-jenis burger atau hot dog yang messy, bikin belepotan parah dan menantang, makan spooky dog ini kurang menantang.

Nah, emang niatnya nongkrong dan nyicipin "jajan", Jadi sambil makan di Brandt's kita juga ngobrol panjang lebar. Terutama Taman dan Windul. Sedangkan gue, nyomotin makanan mereka berdua. Ada satu hal yang bikin Taman kesel lagi. Jadi, dia udah kenyang nih habis makan gorengan terus makan di situ. Jadinya, Beef Stripnya nggak abis dong dan gue disuruh habisin. Nah, sebagai anak yang baik, gue pun makan deh tuh Beef Strip. Dan ternyata, telornya Taman wujudnya doang yang mateng, dalemnya masih luber setengah mateng seperti yang sebenernya dia mau. Bagi gue ini adalah bahan cengan yang tepat buat Taman. Dia langsung double keselnya.

Okey, buat Harganya sendiri, Australian Beef Strip ini dibanderol 35k. Chicken Tenders 30k, dan Spooky Dog 26k. Range harga di dalem menunya sendiri sekitar 7k-120k. Rata-rata buat makanannya sih di atas 15k. Berlokasi di kawasan perumahan elit Jakarta Garden City, nggak heran kalau harganya segitu. Emang kurang ramah sih buat kantong mahasiswa kayak gue. Tapi rekomen buat tempat nongkrong kok. Tempatnya asoy dan bener kata Taman, adem. Hahaha

Akhirnya hari itu kami tutup dengan obrolan sore di pinggir danau (Yang nggak kayak danau) Food Garden sambil ngeliatin sunset yang nggak keliatan.

Buat kalian semua nih cuy yang penasaran sama Cafe Brandts, bisa langsung kepoin aja gih IG nya di @brat.at. Buat yang belum tau akses ke sananya bisa kepoin blognya Taman aja di artikel ini.




Credit to yang motoin: @Windahuhul

You Might Also Like

6 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Makasih sudah menemukan telur setengah matengnya gue ya. Makasih banyak.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Komen di sini ngezelin nih :( gue komen sekali doang padahal eh yang appear rombongan banget kayak mau study tour :(

    ReplyDelete